KONSEP PENDEKATAN (APPROACH), STRATEGY, METHOD DAN TECHNIQUE

KONSEP PENDEKATAN (APPROACH), STRATEGY, METHOD DAN TECHNIQUE
Selamat bagi para pengunjung yang telah sampai pada halaman web ini artinya kalian sudah benar benar ingin menyelesaiakan study kalian jangan patus harapan ini adalah langkah awal yang tepat untuk memulai usaha kalian untuk mendapatkan gelar sarjana anda. Disini anda dapat menemukan referensi yang kemudian bisa dikonversi menjadi judul skripsi bahasa inggris ataupun skripsi bahasa inggris untuk penyelesaian study
http://www.aminlimpo.com/Dalam  proses  pembelajaran  dikenal  beberapa  istilah  yang  memiliki  kemiripan  makna sehingga seringkali orang merasa bingung untuk membedakannya. Istilah-istilah tersebut adalah:  (1)  pendekatan  pembelajaran  (Approach),  (2)  strategi  pembelajaran (Strategy),  (3)  metode pembelajaran (Method);  (4)  teknik  pembelajaran (Technique).  Berikut  ini  akan  dipaparkan  istilah-istilah  tersebut,  dengan  harapan  dapat memberikan kejelasaan tentang penggunaan istilah tersebut.
  1. Pendekatan  pembelajaran (Approach)
Pendekatan  pembelajaran  dapat  diartikan  sebagai  titik  tolak  atau  sudut  pandang  kita terhadap  proses  pembelajaran,  yang  merujuk  pada  pandangan  tentang  terjadinya  suatu proses  yang  sifatnya  masih  sangat  umum,  di  dalamnya  mewadahi,  menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari  pendekatannya,  pembelajaran  terdapat  dua  jenis  pendekatan,  yaitu:  (1)  pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
  1. Startegi Pembelajaran (Strategy)
Dari  pendekatan  pembelajaran  yang  telah  ditetapkan  selanjutnya  diturunkan  ke dalam strategi pembelajaran. Strategi dalam kegiatan pembelajaran dapat diartikan dalam pengertian  secara  sempit  dan  pengertian  secara  luas.    Dalam  pengertian  sempit  bahwa istilah    strategi  itu  sama  dengan  pengertian  metode    yaitu  sama-sama  merupakan  cara dalam  rangka  pencapaian  tujuan.
Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan  pembelajaran  yang harus  dikerjakan  guru dan siswa agar  tujuan  pembelajaran  dapat  dicapai  secara  efektif  dan  efisien.  Selanjutnya,  dalam strategi pembelajaran  terkandung  makna  perencanaan.  Artinya,  bahwa  strategi  pada  dasarnya masih  bersifat  konseptual  tentang  keputusan-keputusan  yang  akan  diambil  dalam  suatu pelaksanaan pembelajaran.
  1. Metode Pembelajaran (Method)
Metode  merupakan  langkah  operasional  dari  strategi  pembelajaran  yang  dipilih dalam mencapai tujuan belajar, sehingga bagi sumber belajar dalam menggunakan suatu metode pembelajaran harus disesuaikan dengan jenis strategi yang digunakan. Ketepatan penggunaan  suatu  metode  akan  menunjukkan  fungsionalnya  strategi  dalam  kegiatan pembelajaran.
Istilah  metode  dapat  digunakan  dalam  berbagai  bidang  kehidupan,  sebab  secara umum menurut kamus Purwadarminta (1976), metode adalah cara yang telah teratur dan terfikir  baik-baik  untuk  mencapai  sesuatu  maksud.  Sedangkan  menurut  Kamus  Besar Bahasa  Indonesia,  metode  adalah  cara  kerja  yang  bersistem  untuk  memudahkan pelaksanaan  suatu  kegiatan  guna  mencapai  tujuan  yang  ditentukan.  Metode  berasal  dari kata  method  (Inggris),  artinya  melalui,  melewati,  jalan  atau  cara  untuk  memeroleh sesuatu. 
Berdasarkan    pengertian  tersebut  di  atas  jelas  bahwa  pengertian  Metode  pada prinsipnya sama  yaitu merupakan suatu cara dalam rangka pencapaian tujuan, dalam hal ini  dapat  menyangkut  dalam  kehidupan  ekonomi,  sosial,  politik,  maupun  keagamaan. Unsur–unsur metode dapat mencakup prosedur, sistimatik, logis, terencana dan aktivitas untuk  mencapai  tujuan.  Adapun  metode  dalam  pembahasan  ini  yaitu  metode  yang digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang  sistimatik  dan  disengaja  untuk  menciptakan  kondisi-kondisi  agar  kegiatan pembelajaran  dapat  berjalan  secara  efektif  dan  efisien.  Dalam  kegiatan  pembelajaran tersebut  tidak  dapat  lepas  dari  interaksi  antara  sumber  belajar  dengan  warga  belajar, sehingga  untuk  melaksanakan  interaksi  tersebut  diperlukan  berbagai  cara  dalam pelaksanaannya.  Interaksi  dalam  pembelajaran  tersebut  dapat  diciptakan  interaksi  satu arah, dua arah atau banyak arah. Untuk masing-masing jenis interaksi tersebut maka jelas diperlukan berbagai metode  yang tepat sehingga  tujuan akhir dari pembelajaran tersebutdapat tercapai.
  1. Teknik Pembelajaran (Technique)
Selanjutnya  metode  pembelajaran  dijabarkan  ke  dalam  teknik  dan  gaya  pembelajaran. Dengan  demikian,  teknik  pembelajaran  dapat  diatikan  sebagai  cara  yang  dilakukan seseorang  dalam  mengimplementasikan  suatu  metode  secara  spesifik.  Misalkan, penggunaan  metode  ceramah  pada  kelas  dengan  jumlah  siswa  yang  relatif  banyak membutuhkan  teknik  tersendiri,  yang  tentunya  secara  teknis  akan  berbeda  dengan penggunaan metode  ceramah pada kelas  yang jumlah siswanya terbatas. Demikian pula, dengan  penggunaan  metode  diskusi,  perlu  digunakan  teknik  yang  berbeda  pada  kelas yang  siswanya  tergolong  aktif  dengan  kelas  yang  siswanya  tergolong  pasif.  Dalam  hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama